Cable UTP Category 6 [Cat 6] - Commscope - AMP



kabel jaringan saat ini terus berkembang, dan akan terus berkembang. Pada artikel ini saya akan khusus membahas mengenai kabel UTP Cat 6, yang dimana tentang bagaimana cara melakukan crimping pada konektor RJ45 Khusus Cat6. Pada kabel Cat6 dan diatasnya seperti Cat6A ataupun Cat7, memiliki konektor yang berbeda beda. 

Jadi misalnya kamu sudah terbiasa menggunakan Kabel Cat4 sampai Cat5 maka Cat6 bisa jadi sedikit asing bagi kamu yang baru mencoba kabel cat6 ini. Dimana konektornya terdiri dari 3 bagian, yakni selongsong besi untuk bagian Luar, Penahan untuk bagian dalam, dan bagian tengah yang akan tempat Kabel UTP nya.

Berikut Alat dan bahan yang kamu perlukan untuk mempelajari Kabel Cat6 ini.


  • Tang Potong, Digunakan untuk memotong kabel dan membuka kabel luarnya, bisa kamu sesuaikan dengan alat apapun yang ada disana, yang penting tajam
  • Tang Crimping Khusus Cat6, bentuknya seperti gambar diatas tang yang berwarna biru.
  • kabel Cat6, Disini saya menggunakan Kabel dari Commscope
  • Konektor RJ45 Cat6, yang terdiri dari 3 bagian, bisa kamu cari saja di e-commerce atau toko offline di kota kamu [unutk konektor merk commscope Cat 6 masih terbilang sangat mahal, jadi ya jika ada kesempatan belajar kabel cat6, manfaatkan dengan baik]
Oke, alat alatnya itu saja, untuk langkah - langkah pemasangannya berikut ini :
  1. Masukkan terlebih dahulu selongsong besinya. Ingat! Selongsong inilah yang harus dan wajib kamu masukkan diawal, lalu kupas saja kabel luarnya.
  2. Jika sudah susun saja kabel dengan susunan stright, karena switch saat ini sudah support straight, jadi ya gitu aja. Oke susun dengan standar saja yakni : PO,O,PH,B,PB,H,PC,C dan masukkan konektor yang kedua,yakni penahannya menjadi seperti ini.

  3. Silahkan rapikan ujungnya agar mempermudah untuk masuknya komponen yang terakhir, bisa menggunakan tong potong, ataupun lainnya, lalu masukkan beserta penahannya ke dalam komponen yang terakhir.
    NB: Pada bagian ini, kamu harus benar benar memasukkannya, karena terdapat parit / lubang di pinggir komponennya, dan harus kamu masukkan sampai mentok, biasanya terdapat bunyi Klik Menandakan komponen sudah masuk ke parit dengan benar, karena jika tidak masuk maka selongsong besi akan susah untuk dimasukkan.

     4. Selanjutnya, ya kamu tinggal masukkan saja komponen yang pertama tadi, yakni selongsong besinya, sehingga komponen yang lain terlindungi oleh selongsong tersebut. Perhatikan gambar berikut :

    5.  Jika sudah masuk seperti gambar diatas, ya kamu tinggal lakukan crimping saja dengan tang yang memang khusus untuk konektor Cat6, masukkan seperti gambar berikut ini 
    masukkan kabel












        6. langkah terakhir ya, kamu tinggal jepit saja konektornya menggunakan tang tersebut.



Sampah langkah ke 6, semuanya sudah selesai, jika kamu mengikuti langkah diatas proses krimping kabel Cat6 dan konektor RJ45 cat6 juga sudah selesai dan bisa digunkan pada switch/PC langsung.


Itu saja mengenai cara pemasangan konektor RJ45 di kabel Cat6, bagi kalian yang masih kurang mengerti caranya, mungkin bisa lihat video tutorialnya yang sudah saya buat, mungkin videonya kurang bagus, namun masih cukup jelas untuk diperhatikan, silahkan play video dibawah :

Terima kasih yang sudah berkunjung, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Jangan lupa share ya bgst!



0 komentar

Post a Comment