Cara Membuat Aplikasi Android Menjadi Online Hosting Gratis

Cara Membuat Aplikasi Android Menjadi Online Hosting Gratis


Selamat Datang di infosoftmikro teman teman. Pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat aplikasi yang kita buat menjadi online. Biasanya ketika kita membuat aplikasi android di Android Studio dan dengan Back-end menggunakan PHP kita menjalankan pada localhost, dimana semua proses dilakukan pada jaringan yang sama, atau pada laptop yang sama.

Nah bagaimana jika aplikasi tersebut kita jadikan Online ? yakni semua fitur seperti Login/Register ataupun CRUD bisa di akses semua orang, dimana saja dan kapan saja.
Cara nya yakni menggunakan Shared Hosting. 

Shared Hosting, merupakan layanan yang digunakan sebagai media untuk file proses pada Web/Aplikasi Mobile/Desktop. Dengan menggunakan layanan hosting kita tidak perlu lagi selalui mengaktifkan server local pada laptop/Desktop, karena sudah di tangani oleh pihak ketiga. Disini saya akan memberikan tutorial Shared Hosting menggunakan 000webhost...

mungkin ada sebagian teman teman yang belum kenal 000webhost. 000webhost merupakan layanan hosting gratis populer saat ini, meskipun gratis mereka memberikan layanan yang bisa dibilang cukup memuaskan bagi kita kita yang sedang belajar (kalau kebutuhan perusahaan pakai yang berbayar ya gaayn :v ).

Di tutorial ini saya langsung ke bagian pembuatan database dan menambah file di file manager 000webhost. untuk daftar nya kalian bisa klik link berikut : 000webhost


  • Masuk ke manage pada website yang sudah didaftar kan oada 000webhost

  • Jika sudah akan masuk kehalaman statistic mengenai website kita, buka bagian menu bagian kiri terdapat sub menu Tools, silahkan klik dan pilih database manager
  • Setelah itu tambahkan sebuah database dengan nama terserah anda, dan jangan lupa masukkan password nya juga. 

    Setelah buat database, langsung kalian ganti DB Name, DB User, DB Host, dan Password yang ada di file koneksi.php kalian jadi tinggal ganti menjadi seperti di bawah ini, sesuaikan dengan DB yang sudah kalian buat dan passwordnya.

  • Setelah pembuatan Database dan koneksi sudah, selanjutnya silahkan import file sql kalian ke hosting, cara nya adalah manage database kalian, dan masuk ke PHPMYADMIN  dan silahkan import seperti biasa database local yang sudah di export dan silahkan import ke hosting kalian.
  • Selanjutnya kita tinggal upload file PHP nya ke hosting, seperti koneksi.php, login.php, register.php dan lainnya jika sudah banyak proses yang kalian buat, disini saya hanya akan mencontohkannya saja.
  • masuk lagi ke bagian tools, dan bagian file manager, kemudian klik upload file yang button merah di tengah. Silahkan buat sebuah folder baru yang akan jadi tempat menampung file php kalian seperti berikut :
  • Jika sudah, silahkan upload file php kalian ke dalam folder api_android, untuk nama folder boleh disamakan atau sesuaikan saja dengan yang sudah kalian buat. Maka pada folder didalamnya seperti berikut : 

  • Untuk mencoba apakah koneksi sudah berhasil, kalian tinggal buka saja domain yang sudah didaftarkan, sebagai contoh domain saya : http://maminang.000webhostapp.com
    jadi untuk melakukan test koneksi,  http://maminang.000webhostapp.com/api_android/koneksi/koneksi.php
    untuk domain sesuaikan dengan domain kalian. Sama halnya dengan local di XAMPP, ketika berhasil melakukan koneksi di PHP halaman koneksi.php tidak akan menampilkan apapun.
    jika sudah seperti itu sudah berhasil, selanjutnya tinggal kalian ganti saja string url di controller Java/Android Studio kalian.
  • karna code cuman sebaris, jadi saya screenshot aja, jika sebelumnya code untuk url local seperti berikut 
    Maka String URL nya tinggal kita ganti menjadi "http://maminang.000webhostapp.com/api_android/"

  • karena kita menggunakan library volley di android studio, jangan lupa tambahkan permission di AndroidManifest.xml, silahkan tambah permission berikut, letakkan saja di bawah package paling atas. 




fungsi dari permission adalah agar aplikasi dapat mengakses internet karena database / server side nya sudah kita letak di hosting, dan juga penggunaan library volley sendiri harus menggunakan permission internet agar bisa diguanakn.

Oke, selanjutnya kalian tinggal debug / run kembali aplikasi android yang ada, silahkan run di emulator, ataupun real device kalian, kemudian silahkan test sendiri menggunakan paket data ataupun jaringan internet yang berbeda dengan laptop/desktop yang kalian pakai untuk coding.

Mungkin kedepan akan saya buat video tutorial nya, ya semoga saja sempat.
itulah cara agar aplikasi android kita bisa diakses secara online dimana saja dan kapan saja. Gampang bukan.
Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar hosting, karena cara ini juga berlaku untuk kalian yang ingin hosting website kalian.

Jangan lupa share ke teman teman kalian ya gan, karena sangat membantu sekali share kalian.
jika ada masukkan atau hal yang kurang di mengerti silahkan berikan komentar kalian di bawah.

Terima kasih.

7 comments

  1. Halo kak, terimakasih artikelnya... ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah saya. oh ya kak, perkenalkan nama saya Nurhamimah dan jangan lupa kunjungi website kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  2. Nice info gan, pas nih tengah lagi nyari referensi, oh ya kenalin Nama saya Yuli Suseno dar kampus ISB Atma Luhur. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Video utubr tkde ke? Saya tk berapa nak faham kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak paham gimana ya gan ? saya rasa sudah cukup jelas.

      Delete