Cara COLOR GRADING Video agar lebih terlihat professional di Premiere Pro

Cara COLOR GRADING Video agar lebih terlihat professional di Premiere Pro

Thumbnail


Pada artikel kali ini saya akan memberikan artikel mengenai bagaimana sih cara membuat video terlihat lebih profesional dan juga lebih enak dilihat oleh pengunjung.

Video video, Short Movie, ataupun film yang kamu lihat tidak lepas dari yang namanya Color Grading. Color Grading merupakan teknik atau cara untuk membuat visual pada video kamu jadi lebih enak dilihat penonton dan juga terlihat lebih hidup sesuai dengan suasana pada video yang ingin kamu bangun.


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara melakukan Color Grading di Adobe Premiere CC. Cara yang akan saya berikan ini merupakan cara manual dimana kamu harus berubah beberapa hal pada warna dan juga pencahayaan pada video yang akan kamu produksi.

Disini saya tidak akan memakai LUTs karena penggunaan LUTs kita tidak bebas merubah suasana atau visual warna pada video yang akan kita kerjakan, namun saya juga tidak melarang kalian yang ingin menggunakan LUTs untuk mempermudah proses Color Grading, namun untuk penggunaan LUTs saya akan membuat di artikel lainnya.


Oke, Pertama sebagai sample disini saya memiliki video dengan settingan warna FLAT di Camera Canon M50. Gambar dibawah merupakan hasil video tanpa polesan editan apapun, sehingga warnanya menjadi seperti ini.


Pada contoh diatas merupakan contoh hasil video dengan warna Flat di mana, warna yang dihasilkan serata mungkin dan seasli mungkin dari kamera.

Di premiere pada bagian Effects, Kamu cari yang namanya "Lumteri Color" lalu, arah kan effects tersebut ke video yang ingin kamu ubah warna nya.


pada langkah awal, masuk ke bagian Effects Control, lalu kamu bisa atur White Balancenya sesuai dengan ke inginan.


Pada Control diatas yang pertama, kamu sesuaikan Temperature warna pada video yang akan kamu grading, bisa sesuaikan menjadi lebih hidup, untuk temperature jika kamu mengubahnya menjadi paling rendah yaitu -100 warnanya akan menjadi sedikit agak kehijauan, temperature yang didapat jadi lebih kalem, sedangkan pada nilai 100 video akan menjadi lebih ke warna sore hari, jadi kamu bisa sesuaikan kebutuhan.

pada bagian Tint visual yang ditampilkan akan lebih keras, dan menjadi lebih padat dari temperature, jadi tinggal kamu atur saja sesuai kebutuhan.


Setelah melakukan White balance jangan lupa mengatur Tone video yang mau kamu ubah. Pada Menu Tone ada beberapa hal yang perlu kamu sesuaikan seperti Exposure, Contrast, Highlight, Shadows, Whites & Blacks nah pada bagian tersebut kamu atur untuk mendapatkan pencahayaan yang baik dan enak di mata, yang bisa kamu sesuaikan dengan warna video yang akan kamu buat, jadi di Tone bisa diatur seberapa terang atau gelap video yang akan kamu tampilkan nantinya.



Pada Tahap Akhir, kamu finishing dengan warna yang lebih hidup lagi, jadi bisa kamu atur atur, video kamu warnanya lebih ke arah mana, pada tampilan yang aku buat, video nya lebih ke warna biru dan cerah, sehingga lebih enak di lihat oleh penonton, namun disini kamu juga bisa menggunakan curve untuk menyesuaikan warna yang ingin kamu bangun, tapi ya disini tidak saya pakai karena warna dari video yang saya buat, saya merasa sudah sangat baik dan enak untuk di tonton oleh user.

setelah menyesuaikan Grading diatas, maka video yang tadi menjadi seperti berikut :
Nah kamu bisa bandingkan warna dan pencahayaan video sebelum dan setelah di Grading


kesimpulan akhirnya, Grading merupakan sesuatu yang penting dalam produksi video untuk pembuatan konten. Namun bisa juga grading tidak diperlukan untuk situasi tertentu yang dimana hasil video sudah mendapatkan pencahayaan dan warna yang baik untuk di tampilkan, namun dengan polesan Grading video tetap akan terlihat lebih profesional dan lebih baik.

Mungkin nantinya saya akan buat videonya, namun untuk kalian yang ingin membuat grading seperti yang saya buat, kalian bisa download di bawah, karena sudah saya jadikan preset, kalian tinggal import dan sesuaikan lagi.


Terima kasih yang sudah berkunjung, jangan lupa di share ya woi.