Cara Mudah Membuat efek transisi Vlog Menggunakan Adobe Premiere Pro

Cara Mudah Membuat efek transisi Vlog Menggunakan Adobe Premiere Pro


yo, selamat datang. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara nya jika kamu ingin membuat efek transisi seperti video video vlog yang ada di youtube.

Nah untuk membuat video dengan efek transisi ya tentu saja kamu membutuhkan contoh video yang sudah stabil atau bisa menggunakkan warp stabilliz di premiere.
Install terlebih dahulu premiere Pro CC nya, saya menyarankan untuk menggunakan premiere CC 2017 ( minimal ) karna jika kamu menggunakan di bawah nya atau bahkan versi CS terdapat beberapa hal yang berbeda, bahkan preset yang digunakan mungkin tidak cocok.

Selanjutnya kamu silahkan download preset pada lin di bawah yang sudah saya sediakan di akhir artikel.

Kamu buat prroject baru yang standar saja tidak perlu di otak otik yang lainnya sampai masuk ke tampillan awal seperti berikut ini :

Setelah itu masukkan 2 sample Video contoh yang akan dibuat efek transisi nya. sebagai contoh saya buat hanya seperti ini saja dulu :

di pertengahan video yang akan dibuat transisi kamu pilih beberapa frame saja, dimana footage pertama berpindah ke footage kedua, bisa lihat gambar berikut...

Nah untuk cut beberapa frame tersebut kamu bisa menggunaan CTRL+K ketika memotong frame atau bisa juga menggunakkan Razor Tool lalu pilih bagian mana yang mau di cut.
Jika sudah buat sebuah "Adjustment Layer" dengan Resolusi sesuai footage kamu, dan fps yang kamu gunakan, pillih juga yang "Non-Drop FPS" Untuk membuatnya kamu bisa cek gambar di bawah :

Klik kanan pada bagian project, lalu pillih Adjustment Layer


Pilih sesuai resolusi video mu dan Fps yang kamu gunakan, pilih juga yang non-drop frame

Jika sudah, pada menu project akan bertambah 1 buah adjustment layer, lalu kamu tinggal drag saja ke layer-2 diatas video kamu yang akan di transisi

Jika sudah kamu crop adjustment layer nya sesuai dengan footage dibawah nya, jadi tinggal crop lalu delete sampai menjadi seperti di bawah ini..


Masuk kebagian Efect lalu drag ke Adjustment layer Efek transisi yang ingin kamu tambahkan, sebagai contoh saya menambahkan Slide to Right, jadi ber transisi ke kanan..
Setelah menambahkan efek ke adjustment layer, kamu tinggal drag base preset ke dalam footage yang akan dibuat transisi nya, yaitu footage yang berada di bawah adjustment layer.

jika tulisan fx nya sudah berubah menjadi ungu maka efek sudah berhasil di tambahkan. kamu tinggal tes dengan play video dari awal.. maka hasilnya menjadi seperti berikut ini :

Okee, diatas adalah hasil video yang sudah di tambah efek transisi.
Untuk Download preset :
Preset : Google Drive

Jika ada yang mau di tanyakan atau saran berikan komentar anda di bawah.
Terima kasih