Cara menggunakan Database Remote MySQL di PHP

Cara menggunakan Database Remote MySQL di PHP


Haloo :3
Man teman, apakah kalian sedang mencari tau "Bagaimana cara agar Database bisa Online" tetapi kalian ingin melakukan debug dimana saja tanpa harus meng aktifkan phpmyadmin di XAMPP Control Panel atau pun jika kalian ingin mengembangkan aplikasi Mobile/Desktop dan menggunakan database MySQL tanpa harus menginstall Database server ??

Berikut caranya...

Sama hal nya hosting website, bedanya kita kita hanya import database.
ini dilakukan jika kita ingin bekerja dengan 1 tim/beberapa orang bebas melihat data di manapun dan kapan pun tetap bisa bekerja dan selalu Update seperti penambahan query, data, ataupun relationship lainnya di database.


  • Daftar terlebih dahulu di RemoteMySQL [ Klik Link di samping tuh ]
  • Klik Login -> lalu pilih Create Account
  • Silahkan buat dengan mengisi form yang ada, pastikan juga email yang kalian masukkan email aktif kalian karena harus verifikasi email terlebih dahulu.

  • Oke, setelah kalian isi form di atas, maka akan masuk email, dan tinggal confirm email saja, maka akan muncul tampilan seperti berikut : 


  • Setelah berhasil mendaftar, kalian pilih bagian database untuk membuat database dan nantinya akan muncul server, name, user, password, dan port dari database server kalian.

  • Di bagian Database kalian hanya cukup sekali create Database lalu muncul Pop Notifikasi, kalian tinggal tekan OK saja, maka akan me generate Database dan juga Server name database kalian

  • Dibagian paling atas background warna yang mirip Hijau :v tertulis mengenai nama database, server, user, password, dan port, kalian hanya tinggal mencatat tersebut untuk di bagian koneksi.php nya nanti, atau untuk di fetch jika kalian ingin menggunakan React Native/Flutter
  • Pada bagian Action kalian hanya tinggal pilih phpMyAdmin untuk Import database yang sudah kalian buat, seperti Table, Data, Procedure, InnerJoin, Dll karena tampilan dan fiturnya semua nya sama dengan yang ada di localhost.
  • Ya sampai sini database sudah berhasil di buat, kalian hanya tinggal import database localhost kalian punya. Selanjutnya kalian buat koneksi dengan menggunakan server database yang sudah online tersebut...
    Disini saya hanya mencontohkan menggunakan PHP, jadi kalian bisa coba ketika menggunakan ReactNative/JavaNative/Flutter


  • Coding diatas merupakan contoh untuk membuat koneksi database di PHP, jadi untuk server, user, password, dan database ya tinggal kamu sesuaikan dengan milik mu, untuk di reactNative/javaNative juga sama tinggal kamu fetch saja.
  • Selanjutnya ya kamu hanya tinggal Include saja koneksi ke index, atau ke header, atau jika kamu pakai framework tinggal cek saja. untuk laravel ya tentunya kamu harus buat di .env nya.
  • Dari gambar di atas terbukti bahwasannya saya hanya mengaktifkan apache sebagai web server, tetapi saya tidak mengaktifkan Database server/MySQL nya, tetapi koneksi database tetap bisa jalan, dengan catatan ya harus ada koneksi Internet :v 

Oke, segitu aja dulu artikel nya, karna ya terlalu banyak basa basi juga nge bosenin, nanti malam atau besok saya juga akan upload video tutorialnya jadi ya tunggu saja :v 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
terima kasih sudah berkunjung ke sini ya woi :v