Membuat Text Transparan di Adobe Premiere Pro

Membuat Text Transparan di Adobe Premiere Pro



Selamat Datang kembali dii blog alakadarnya ini :v Setelah sekian lama tidak update karena pekerjaan dan juga beberapa project, jadi saya mencoba untuk update lagi meskipun pekerjaan kantor tetap jalan :v 

Nah di artikel ini saya akan memberikan tutorial "Membuat text transpran" dalam sebuah video opening. contohnya kayak thumbail artikel nya.
Cara buatnya sangad gampang, di sini saya menggunakan Adobe Premeire CC 2018, dan saya rasa Effect yang saya gunakan juga ada di versi CS :v kurang tau juga, tapi ikutin sja sampai bawah, dan di akhir juga saya sediakan video tutorial buat kalian yang malas membaca :v 


Pertama buat saja Project baru di premiere seperti biasa, untuk settingan squance terserah kaliian mau dibuaut gimana saya tidak perduli. Sebagai contoh saya buat gini, dah standar kali ini pun.
Nah, masukkan footage kamu yang ingin dijadikan sebagai background text nya. Catatan, Disinii saya membuat nya terdiri dari 3 layer, yaitu, Footage, Background, dan Text. Oke lanjut aja dah ke desktop.


Nah, setelah kalian menambahkan footage, seperti diatas, kalian tambah aja color mate untuk layer ke 2, yakni video dengan background putih. Atur resolusi sesuaii video yang kalian pakai dan juga warna yang kalian inginkan. saya pakai warna putih aja.



masukkan color mate yang sudah kalian buat ke dalam timeline, maka preview nya akan jadi putih, Nah jika sudah gini kalian tambah text saja, Gunakan font yang kalian guunakan bebas ya, gausahh manja


Atur Text yang ingin kamu buat, sekali lagi.. bebas yo, sesuai selera aja. Jika sudah seperti diatas, kamu tambahkan saja 1 effect yang namanya "Track Matte Key" caranya masukkan ke bagian Effect lalu di kolom pencarian ketik aja track mate entar muncul itu... kayak gambar dibawah ini


Nah itukan ada effect nya, kamu tinggal drag saja ke layer Color Mate, yakni layer 2
sampai simbol fx nya berubah jadi ungu yang menandakan effectnya berhasil di tambah, atau kamu bisa langsung masuk ke bagian effect control lalu carik Track Matte Key


Tanda biru yang gadak zat nya itu tandanya effect sudahh berhasil di tambah. Selanjutnya, tetap dibagian effect control cari pilihan matte, disitu masih tertulis None, jadi kita ubah saja menjadi footage video kamu.


Jika sudah kalian pilih Matte nya isi dari footage kalian, maka hasilnya akan menjadi seperti diatas, jadi untuk mengubah warna tulisannya menjadi isi video dan background video menjadi warna putih kalian tinggal ceklis saja bagian reverse.


Ikuti efffect control diatas maka kalian akan menampilkan hasil seperti berikut...

Dah gitu aja udah siap. kalian bisa tinggal edit video untuk selanjutnya giimana atau export saja seperti biasa.

Untuk videonya kalian bisa cek di bawah. mana tau kelen malas bacanya :v 



Dah la itu aja dulu artikel nya, untuk artikel kedepannya saya akan coba buat setiap bg tulisannya memiliki video yang ber beda beda, jadi like fanspage woi biar dapat update/ follow via email biar dapat notif...

makasi udah baca, makasi juga udah buka meskipun ga di baca :v 
bye.