Method POST dan GET Pada PHP Native

Method POST dan GET Pada PHP Native


Pada artikel ini saya akan membuat mengenai Method post dan get. Jadi method post dan get ini dua jenis method yang biasa digunakan pada form pendaftaran maupun pencarian. Jadi dalam penggunaannya dan perbedaannya langsung mulai coding saja.

Buat saja terlebih dahulu project baru dengan nama terserah kalian, lalu buat 1 file php baru.

Disini saya buat tampilan form terlebih dahulu dengan tampilan seperti berikut, mungkin bisa di sesuai kan dengan kebutuhan kalian atau bisa copy saja code saya punya.





Code diatas akan menampilkan tampilan seperti diatasnya, disitu bisa kita lihat pada bagian tag form, terdapat method="POST" disitu berarti akan ngisi data yang ada pada form, lalu action="proses.php" dimana form tersebut akan di eksekusi. Kemudian kita coba untuk buat proses.php nya agar mengetahui perbedaan antara post dan get.

Bisa kalian Copy saja coding diatas, lalu akan menampilkan hasil sebagai berikut :
Untuk mendapatkan hasil seperti gambar diatas, kalian isi saja data pada file php yang pertama, yakni form nya. jika tidak ada error akan menampilkan seperti diatas. setelah masuk ke halaman proses bisa kalian perhatikan pada bagian link address di browser kalian, akan menampilkan file proses PHP, itu dikarenakan kita menggunakan method post.
Beda dengan get, akan menampilkan url dari apa yang kita input, jadi kita buat baru, lalu buat saja form input dan 1 buat tombol submit.

Lalu buat proses get cukup untuk 1 kolom saja, yakni nama :
$nama = $_GET['nama'];
echo $nama

lalu di form, jangan lupa untuk method di ganti menjadi get.
Maka jika kalian menggunakan GET, link address akan menampilkan apa yang kalian input
Nah terlihat perbedaan antara penggunaan get dan post. Jadi disini bisa kita simpulkan dalam penggunaan get cocok kita gunakan untuk form pencarian data, seperti pencarian data.
Namun khusus untuk update data, kalian bisa menggunakan method PUT yang memang dikhususkan untuk update data yang sudah ada.

Oke, sekian artikel mengenai method post dan get, semoga bisa di pahami dan bermanfaat.
untuk source code bisa cek di link berikut :

File Dasar PHP

Terima kasih yang sudah berkunjung di blog sederhana saya, jangan lupa share nya, karena itu sangad bermanfaat demi kemajuan blog ini.