Menampilkan List Data Dengan PHP dan MYSQLi

Menampilkan List Data Dengan PHP dan MYSQLi


Pada Artikel sebelumnya, kita membuat koneksi database dan juga login. Pada artikel selanjutnya akan membahas mengenai CRUD di PHP dengan menggunakan MySQLi sebagai database nya. Namun sebelum itu pastikan Versi PHP kalian diatas 5.5 karena saya menggunakan versi 7, mungkin jika versi -5 akan ada beberapa code yang error.

Pertama buat terlebih dahulu tabel di database sebelum nya, sebagai contoh saya buat tabel mahasiswa untuk menampilkan data. Tapi silahkan tambah saja beberapa data di database secara manual di phpmyadmin, dan menampilkan sebagai berikut :





Lalu buat saja file list.php di dalam project sebelum nya. Desain tampilan list sesuai data yang ingin kalian tampilkan, sebagai contoh code berikut :

<table border="1"><h4>MAHASISWA</h4><button><a href="#">Tambah</a></button>
<tr><th>NO</th><th>NIM</th><th>NAMA</th><th>JENIS KELAMIN</th><th>TANGGAL LAHIR</th></tr>

Dan akan menampilkan seperti ini.


Setelah membuat tabel, selanjutnya include koneksi yang sudah kalian buat sebelum nya,  jadi pada bagian atas tag <table> kalian tambahkan saja

<?php
include ‘koneksi.php’;
?>

Tergantung di mana kalian meletak file koneksi nya. Pastikan juga tidak ada error, kalian tinggal save, lalu refresh page list.php, jika tampilan tetap sama maka tidak ada error di code koneksi.php maupun list.php namun jika ada error, kalian bisa cek apakah ada huruf yang kurang atau tanda ; lupa kalian letak, dan cek juga di koneksi.php . Tetapi jika pada project sebelum nya tidak ada salah, seharusnya koneksi sudah bisa di include.


Setelah membuat table, buat lah query untuk menampilkan data yang ada di database.
Untuk menampilkan kalian hanya butuh query select untuk query nya :
<?php
$query = "select * from mahasiswa";
$result = mysqli_query($connect, $query);
$no = 1;

Penjelasan code diatas :
$query : variabel yang menampung query untuk eksekusi data.
$result : untuk memanggil variabel query yang sudah di buat, dan juga variabel $connect yang berada di file koneksi.php yang sudah di include ke dalam file list.php
$no : variabel yang digunakan untuk nomor tabel, jadi nantinya no yang ada pada tabel dimulai dari 1

Setelah membuat query, kita membutuhkan perulangan, disini saya menggunakan while, yang berfungsi untuk menampilkan baris dan kolom data pada table, dan juga while digunakan untuk membuat nomor 1-n

Jadi dengan penulisan code seperti berikut :

while ($list = mysqli_fetch_array($result))
{
            echo "<tr>"
            ,"<td>$no</td>"
            ,"<td>$list[nim]</td>"
            ,"<td>", strtoupper($list['nama']),"</td>"
            ,"<td>", strtoupper($list['jenis_kelamin']),"</td>"
            ,"<td>$list[tanggal_lahir]</td></tr>";
            $no++;
}
?>


Di dalam while kita harus menambahkan variabel list yang digunakan pada setiap baris di tabel, dan memanggil result sebagai variabel yang menampung query untuk menampilkan data. Lalu untuk menampilkan data di setiap baris, kita butuh echo dan dan buatlah baris.

Di setiap baris atau di dalam <td> masukkan variabel sesuai kolom.
Seperti $no , dan $list , dalam array masukkan row yang pada tabel sesuai dengan nama row di database seperti, nim dan jenis kelamin.


strupper digunakan untuk menampilkan huruf menjadi kapital semua. Dan variabel $no++ untuk membuat no pada setiap baris menjadi 1-n
jika tidak kita buat $no++ nomor list yang di tampilkan hanya 1 , setelah semua code sudah jangan lupa tutup </table> di paling bawah.


maka akan menampilkan hasil akhir seperti berikut :



Untuk code lengkapnya :

Untuk file project lengkapnya nanti saja di akhir artikel CRUD agar semua file tersedia.
Oke untuk artikel list sekian, jika masih ada yang kurang mengerti mungkin bisa lihat video tutorial yang sudah saya buat


Oke, sekian mengenai tutorial LIST menggunakan PHP dan Mysqli, jika masih belum paham atau ada yang mau di tanya silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah.
Terima kasih .