Cara mengatasi Bad Sector pada Hard Disk

Cara mengatasi Bad Sector pada Hard Disk




Kerusakan yang paling sering dialami oleh hard disk salah satunya adalah Bad Sector. Kerusakan ini ditandai dengan lambatnya komputer saat mulai dihidupkan atau startup yang terlalu lama.
Ada dua bad sector yang dapat menimpa hard disk sobat, yaitu bad sector secara software dan bad sector secara fisik.Kedua bad sector ini sama-sama memiliki gejala yang sama yaitu hard disk hang atau melambat.

jika bad sector secara fisik biasanya terjadi karena adanya kerusakan fisik seperti kena debu, hard disk terjatuh, kepanasan , dan lain sebagainya. maka sobat harus beli hard disk baru nih,,,,
nah,,, jika bad sector secara software, hal ini sering terjadi karena kesalahan pengoperasian PC atau laptop sobat, seperti mematikan laptop/PC tanpa menggunakan fitur shutdown, listrik mendadak matii, virus dan sebagainya.Tapi sobat tenang aja,, jangan langsung bawa hard disk anda ke teknisi komputer untuk memperbaikinya.Karena ada caranya untuk mengatasi bad sector ini..

inilah caranya sobat :
  1. Buka CMD atau command Prompt secara administrator

    Windows 7 : klik Start->klik accesories->klik kanan command prompt->run as administrator
    Windows 8/8.1/10 : Win+X atau klik kanan pada tombol start -> klik command prompt ( Admin )


  2. Pada Command Prompt, ketikkan chkdsk /r /f D:, lalu tekan enter



  3. Kemudian tunggu hingga proses chkdsk selesai

Note :

chkdsk : Perintah untuk pengecekan hard disk
/r          : Perintah untuk memindahkan bad sector
/f          : Perintah untuk memperbaiki error
D:         : alamat atau lokasi hard disk yang akan diperbaiki

Nah,,, sobat,,, cara ini juga berlaku untuk flashdisk yang terkena bad sector loh,,,, jika flashdisk sobat terkena bad sector, sobat coba lakukan hal ini di laptop sobat dan ganti lokasi hard disk menjadi lokasi flashdisk sobat seperti G:, F:, atau lainnya.
oke,,, sekian dulu postingan dari saya , semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.