Deploy VPS Menggunakan Google Cloud

Deploy VPS Menggunakan Google Cloud

VPS adalah Virtual Private Server yang sudah di sharing menggunakan komputer server yang di komputerisasi melalui Network Cloud. Banyak Platform untuk mendeploy VPS seperti Amazon(AWS), Microsoft Azure, Google Cloud, Digital Ocean dan lain lain. 

Nah, artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan cara mendeploy VPS yang bisa kita gunakan. Pertama pastikan kalian sudah mendaftar terlebih dahulu Google Cloud. Seperti platform cloud lainnya, Google membutuhkan Debit Card untuk registrasi, meskipun saat registrasi pertama kalian tidak akan kena tagih, namun saat proses verifikasi kalian butuh mutasi transaksi sebagai dokumen verifikasi yang dibutuhkan.


Oke langsung saja, disini saya sudah ada google cloud, dengan tampilan awal seperti berikut ini


Pada halaman Dashboard, terdapat Navigasi Bar di samping kiri atas, di Klik saja lalu pilih Compute Engine.

Setelah masuk ke halaman Compute Engine, kita akan di tampilkan langsung VM Engine yang bisa kita custom sendiri, Seperti Storage, Network, bahkan Migrate VirtualMachine dari platform AWS ataupun Azure. Namun disini kita akan buat baru, jadi kamu tinggal Klik Saja Create Instance untuk membuat VM Baru Di Google Cloud.




Maka kamu akan masuk ke tampilan seperti berikut ini, dan beberapa penjelasan dibawahnya
  • Name : isi dengan nama Vm yang mau kalian buat, dengan ketentuan tidak ada huruf besar didalam nya, 
  • Region : Silahkan Pilih Lokasi Server mana yang mau kamu gunakan, gunakan server terdekat dari user yang banyak mengaksesnya, agar Website atau Apps yang kamu miliki lebih cepat di load oleh nya.
  • Untuk Zone, silahkan pilih saja salah satu, A atau B atau C dan lainnya. 
  • Machine Configure : Silahkan pilih jenis Machine yang akan kamu gunakan, jika untuk belajar cloud, pilih saja server dengan spesifikasi low, namun jika kamu sudah memiliki Apps dengan total traffic cukup besar, mungkin bisa pertimbangan untuk yang performance.

  • Machine Type, silahkan custom kebutuhan yang di inginkan, karena tutorial, ini saya akan buat Micro Saja


  • Boot Disk, silahkan klik change jika kalian ingin menambah size disk yang kalian gunakan, begitu juga dengan OS yang mau kalian pakai. Jika kalian tidak tertarik menggunakan debian, bisa pilih Ubuntu atau CentOS. namun jika kalian juga tidak terbiasa dengan Kernel Linux, kalian juga bisa pilih Microsoft Server.
Jika kalian sudah memilih OS apa yang mau kalian pakai dan Berapa Size disk yang mau digunakan, selanjutnya configurasi terakhir.
  • Pada bagian Access Scope, kalian pilih default saja, atau full access API seperti Maps, Firebase Dll
  • Lalu pada bagian Firewall, secara default hanya aktif port 22, yakni untuk SSH, jika kalian menggunakan WebServer, kalian wajib centang HTTP dan HTTPS traffic. Namun untuk Konfigurasi ini bisa kalian atur setelah selesai juga tidak apa.
  • Lalu tinggal Create saja, jika spesifikasi yang mau di pakai sudah sesuai.
VPS Sudah berhasil di Deploy, selanjutnya kalian bisa access menggunakan SSH yang ada dari Google Cloud atau kalian bisa menggunakan SSH Client di Wndows, MacOS, Linux, Android, ataupun IOS.

Namun untuk bisa langsung menggunakan SSH Client, ada beberapa configurasi yang harus kalian buat, untuk itu silahkan cek Artikel berikut Konfigurasi SSH client

Baik, itulah cara mendeploy VPS yang kalian butuhkan di google cloud, jika kalian menggunakan Amazon Web Service ( AWS ) maka cara nya sedikit berbeda, namun ya pada akhirnya sama sama VPS.

Terima kasih.