Apa itu React Native ?

 

React Native

        Sekarang jamannya digital dan apapun yang kita butuhkan ada dalam genggaman kita. Terkadang kita ingin berkontribusi dalam dunia digital. Salah satunya seperti membuat aplikasi Android atau iOS. Namun untuk membuat suatu aplikasi itu tidak mudah dan bisa dikatakan cukup sulit. Tapi hal ini bisa diatasi dengan salah satu framework yang sedang naik daun yaitu React Native.

Lalu apa itu react native ? dan apakah react native mudah untuk dipelajarin ?

react native  merupakan framework dari Javascript yang dikembangkan oleh Facebook yang di rilis 5 tahun yang lalu tepat nya 26 Maret 2015.Dengan adanya react native ini, kamu bisa membuat aplikasi yang kamu inginkan dengan mudah. Lalu, apa sih keunggulan dari react native ini ?

Keunggulan React Native

Terdapat beberapa keunggulan atau kelebihan react native, yaitu

  • Kode Yang Digunakan Lebih Mudah
Bagi web developer framework ini cukup cocok bagi mereka karena mereka tidak perlu mempelajari bahasa pemograman lain karena kode yang digunakan cukup mudah dan simpel ( Penulis pribadi merasakan hal yang sama ketika pertama kali mempelajari ini ) . Jadi, mereka akan merasa familiar dengan framework ini.
  • Banyak Digunakan Oleh Perusahaan Besar
Walaupun react native bisa di bilang framework yang masih muda atau baru, banyak perusahaan yang sudah beralih ke framework ini. Seperti AirBnb, Facebook, Instagram, dan Baidu.

  • Lebih Hemat Anggaran

Pada react native  kamu juga bisa menghemat anggaran loh,, karena react native juga bisa mengembangkan aplikasi dengan 2 OS sekaligus yaitu iOS dan Android. Sehingga, tidak perlu merekrut banyak developer untuk melakukan pengembangan aplikasi. 

  • Cocok Untuk Perusahaan Startup
 Nah,,, kenapa sih react native cocok untuk perusahaan startup ? Hal ini dikarenakan aplikasi yang dibuat dengan framework ini menggunakan Javascript sehingga sangat mudah ketika diprogram, terlebih lagi seperti poin sebelumnya, pihak perusahaan tidak perlu merekrut banyak developer untuk melakukan pengembangan aplikasi karena dalam proses pembuatannya juga dapat dilakukan dengan 2 OS berbeda yaitu iOS dan Android ( cross platform ).

Nah, sebagai bahan pertimbangan kita juga harus melihat dari kekurangan dari framework ini, lalu apa kekurangan tersebut ?

.Kelemahan React Native

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan,, hal ini pasti tidak akan pernah lepas, lalu apa saja sih kekurangan react native
  • Masalah Performa
Performa adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam pengembangan suatu aplikasi. Karena performa merupakan penentu apakah aplikasi kita dapat diandalkan dengan baik atau sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.Namun karena framework react native ini bisa di bilang framework yang masih cukup baru, maka untuk performa menjadi salah satu pertanyaan para developer.

  •  Platform Yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah platform yang dibutuhkan. Maksudnya adalah jika kamu ingin mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi iOS, maka dibutuhkan laptop atau komputer dengan Sistem Operasi MAC OS dan ada pada laptop Macbook.

Nah,, setelah kita melihat kelebihan dan kekurangan dari framework ini, kalau kamu tertarik, bisa dilihat kira-kira apa sih yang harus kita persiapkan untuk mempelajari framework ini ?

Hal-hal yang perlu dipelajari dan dipersiapkan

  1. Memahami Javascript dasar
  2. Melakukan Penginstalan Node.js
  3. Melakukan Penginstalan Java ( JDK ) 
  4. Melakukan Penginstalan Android SDK
  5. Melakukan Penginstalan Text Editor seperti Visual Studio Code ( recommended ) , Atom, Sublime dsb.

Jangan khawatir, untuk tools nya saya sudah siapkan
kamu bisa klik download dibawah ini.

Bahan React Native : DOWNLOAD (Java JDK 8u202, NodeJs, SDK Manager, Visual Studio Code )

Nah, untuk cara penginstallan nya atau cara pemasangannya serta pembuatan project pertama react native  akan saya posting pada postingan berikutnya. Ditunggu ya,,,,

Terima Kasih Telah Berkunjung.

0 komentar

Post a Comment