Cara Update Waktu Secara Otomatis Pada Windows

Cara Update Waktu Secara Otomatis Pada Windows



hello,,,, selamat datang di InfoSoft.Kali ini saya akan memberikan kalian sebuah tutorial bagaimana caranya mengupdate waktu secara otomatis pada windows.Nah,,,, kenapa waktu pada windows bisa berubah-ubah ??

adapun penyebab dari waktu pada windows selalu berubah-ubah, inilah penyebabnya :


  • CMOS Battery

CMOS (  Complementary Metal Oxide Semiconductor )  adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan konfigurasi sistem, termasuk tanggal dan waktu.Kenapa dibilang CMOS Battery ?? karena CMOS ini tetap aktif dan tetap dapat menyimpan data walau sudah tidak ada aliran listrik pada komputer/laptop.Nah,,, jika jam atau waktu sobat selalu berubah, bisa saja CMOS Battery sobat bermasalah.Sobat dapat mengganti nya sendiri dengan tutorial yang sudah disediakan oleh mbah gugel ( Google ) hehehe :D


  • Zona Waktu ( Time Zone )

Salah satu penyebabnya adalah Time Zone atau zona waktu yang sudah di setting pada komputer/laptop sobat.Terkadang di saat kita restart ulang atau reboot, waktu bisa menjadi berubah.Nah,,,, sobat hanya harus mengganti zona waktu yang sesuai dengan tempat sobat.Misalnya : untuk Indonesia memiliki zona -> ( UTC+07:00 : Bangkok, Hanoi, Jakarta ).


  • Malware

Bisa jadi waktu pada komputer/laptop sobat sering berubah-ubah karena malware.Wah,,, bahaya yah.Namun sobat dapat mengatasinya dengan antivirus terbaik.Salah satunya adalah AVG yang sudah InfoSoft sediakan di postingan beberapa waktu lalu.



Setelah sobat sudah mengatasinya dengan antivirus.Apa yang harus sobat lakukan ? pastinya sobat akan melakukan setting ulang pada waktu dan tanggal bukan ?? tapi jika sobat tidak tau pasti jam tanggal dan waktu nya bagaimana ??
tenang aja,,, InfoSoft sudah menyiapkan nya cara update waktu secara otomatis pada windows.

Cara Update Waktu Secara Otomatis Pada Windows 

  • Pertama,, sobat harus memiliki koneksi internet, lalu sobat buka Control Panel, sobat bisa tekan Win+E pada keyboard atau klik File Explorer, kemudian ketikkan Control Panel.


  • Kedua,, sobat klik Clock,Language And Region.




  • Ketiga,, sobat klik Date And Time.




  • Keempat,,sobat klik tab Internet time, kemudian klik Change Settings...



  • Terakhir,, sobat pilih time.windows.com, lalu klik update now, dan tunggu beberapa saat hingga ada tulisan The clock was successfully synchronized with time.windows.com on "tanggal" at "jam" lalu klik OK.




Nah,,, itulah cara update waktu secara otomatis pada windows dari InfoSoft.Semoga bermanfaat buat sobat pengunjung.Terima Kasih telah berkunjung.