Cara Me-Render Video HD dengan ukuran File Kecil menggunakan Vegas Pro 14

Cara Me-Render Video HD dengan ukuran File Kecil menggunakan Vegas Pro 14



Selamat Datang di InfoSoft.Pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara nya membuat video HD dengan ukuran file kecil menggunakan Vegas Pro 14.Pada waktu lalu saya sudah memposting software video editor Vegas Pro 14.Vegas pro 14 adalah sebuah software yang berguna untuk mengedit video.nah,,, Vegas ini cocok untuk kalian yang baru belajar mengedit video selain
menggunakan movie maker.Beda movie maker dengan Vegas Pro adalah movie maker tidak menerima semua format video seperti yang saya ketahui format .MOV , namun dengan Vegas , semua format video hampir semua nya bisa di edit.Hasilnya juga sangat memuaskan yaitu 720p, 1080p dan bahkan sampai yang terbaru 4K.Tapi, Vegas mempunyai tampilan yang sedikit sulit dan tampilannya yang hampir menyerupai Adobe After Effect dan Adobe Premiere. Kira-kira seperti ini lah tampilan awal nya.

Tampilan Vegas Pro 14
Jika kita mengucapkan VIDEO HD ,maka yang kalian fikirkan adalah file nya yang sangat besar.
Nah,, pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara nya untuk menghasilkan hasil video HD dengan ukuran file yang kecil. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama,, sobat masukkan video yang akan di Edit dan Di Render. Sebagai Contoh saya menggunakan Video Opening dari persentasi saya. Sobat bisa melakukan Drag & Drop Video sobat seperti ini.Atau sobat bisa juga memasukkan video sobat dengan cara lain yaitu : Ctrl+O→Cari Video Sobat→Klik Open


  • Jika ada pesan sperti ini, klik No.

  • Kedua,,, Setelah sobat masukkan video nya, sobat klik kanan pada Video sobat, kemudian klik propeties.


  • Maka akan muncul tampilan seperti ini




  • Ketiga,, Sobat un ceklis atau klik 1x pada Maintain aspect ratio dan klik Disable resample.


  • Keempat,, soba klik file→Render As , maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Kelima,,, sobat pilih lah kualitas video yang akan dihasilkan. Pada kali ini saya memilih 720p. pada bagian Sony AVC/MVC (*.mp4,*.m2ts,*.avc)→Internet 1280x720-30p ,lalu sobat klik Customize Template.



  • Maka akan muncul tampilan seperti ini.Nah yang sobat lakukan hanya merubah beberapa pengaturan saja.
Sebelum dirubah
Yang sobat rubah :

Profile           : Ubah High menjadi Main 
Frame rate     : Ubah 29,970 (NTSC) menjadi 25,000 (PAL) 
Bit rate (bps) : Ubah 16.000.000 menjadi 2.000.000

Sesudah Dirubah


  • Ketujuh,,, klik pada tab project dan pada Video rendering quality ,sobat pilih Best.Pada Template atau di nomor 4, sobat bisa ganti namanya sesuai keinginan sobat agar disaat sobat ingin menghasilkan video HD dengan ukuran file kecil, sobat bisa pilih template dengan nama yang sudah sobat buat.Lalu klik OK.Maka Template sobat sudah dibuat.




  • Kedelapan,,, klik Browse  untuk memilih dimana video sobat akan disimpan dan ganti Untitled dengan nama video yang sobat inginkan, misalkan saya Opening1.mp4, kemudian klik Save.Lalu klik Render.Maka, video akan melakukan proses rendering atau convert.
Proses Rendering Video
  • Terakhir,,,, jika sudah muncul tampilan seperti ini, maka video anda sudah selesai di rendering.


Note :
Jika sobat ingin membuka langsung Video tersebut , sobat bisa klik OpenJika sobat ingin membuka folder dari video tersebut, sobat bisa klik Open FolderJika sobat tidak ingin keduanya, sobat bisa klik Close

Dan inilah perbandingan dari kedua video yang sebelum dan sesudah di Rendering


Ukuran File


Kualitas Video
Note :

Memperkecil Ukuran File dengan kualitas Video yang tetap HD adalah dengan menurunkan bit dari video tersebut.Sehingga Video tetap HD dan ukuran file menjadi kecil.


Nah,,, itulah cara nya untuk Me-Render Video HD dengan ukuran File Kecil menggunakan Vegas Pro.
Sekian dulu dari saya.Terima Kasih telah berkunjung.Semoga bermanfaat.

4 comments