Cara Mengatur DNS Pada Komputer

Cara Mengatur DNS Pada Komputer



DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar ( distributed database ) di dalam jaringan komputer, misalkan : Internet.DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat ( mail exchange server ) yang menerima surel (email ) untuk setiap domain.



DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keas komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing).

Apa sih fungsi dari DNS ??? 

Nah fungsi dari DNS adalah :

  • Menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan nama komputer menjadi IP address).
  • Kerangka Peraturan pengiriman pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domaon.Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.

Lalu bagaimana cara mengatur DNS ??

cara nya cukup mudah kok,,,, tidak ribet dan bisa di praktekkan dengan Sistem operasi Windows 7/8/8.1/10
cara nya begini nih :


  1. klik kanan pada icon network, kemudian klik Open Network And Sharing Center



  2. klik nama koneksi, Misalnya saya menggunakan Wi-fi dengan nama WIFI KHUSUS JONES ( kelihatan ya jones nya , hahaha 😅 )



  3. pilih Propeties

     

  4. klik 2x pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)



  5. pada menu DNS, pilih Use the following DNS server addresses :



  6. Nah,,, pada bagian ini kalian akan mengisi DNS, DNS yang dapat kamu gunakan adalah : Open DNS, Google DNS dan Ultra DNS. Pada kali ini saya menggunakan Google DNS.




  7. Terakhir, klik OK→OK→Close, dan DNS kamu sudah terisi.


Terima Kasih Telah berkunjung.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kamu.